Rabu, 27 Januari 2010

MENGAPA BERWIRAUSAHA ?

Menjadi seorang wirausahawan sering bukan karena pilihan, tapi biasanya lebih dikarenakan oleh faktor kondisi. Artinya bahwa wirausaha pada awalnya bukan merupakan cita-cita, tapi lebih disebabkan oleh keadaan yang memaksa seseorang harus berbuat sesuatu untuk bisa bertahan hidup.
Kalau tidak percaya cobalah bertanya pada seorang anak, apa cita-citamu kelak ? Pasti tak satupun akan menjawab ingin menjadi wirausahawan.Kalau masih belum percaya coba tanyakan hal yang sama pada seorang mahasiswa,pasti jawabannyapun tak akan jauh berbeda, setidak-tidaknya setelah lulus pasti akan cari pekerjaan meski tidak harus sesuai dengan bidang ilmu yang dipelajarinya.
Artinya apa, menjadi wirausahawan sering lebih karena terpaksa atau karena kebetulan setelah gagal mencari pekerjaan.
Bagi yang telah sukses berwirausaha memang boleh merasa bangga dan mengatakan bahwa wirausaha sudah menjadi pilihan hidupnya. Tapi bagi yang baru merintis dan belum berhasil, pastilah akan berpikir, betapa senang seandainya suatu saat kelak bisa memperoleh pekerjaan tetap dikantor atau diperusahaan.
Berat ? Ya memang berat, terutama bagi yang baru memulai berwirausaha. Yang namanya hantu kegagalan sepertinya selalu menghadang setiap langkah yang dijalaninya.
Disini kesabaran seseorang benar-benar diuji dan tidak setiap orang berhasil lulus dalam ujian.
Singkat kata, untuk menjadi wirausahawan yang sukses memang tidak mudah, dimana perjuangan yang keraspun sesungguhnya tidak menjamin tercapainya keberhasilan.
Pertanyaanya, lantas sebaiknya bagaimana kalau lapangan pekerjaan semakin hari juga bukan semakin tersedia tapi justru semakin langka. Sementara manusia harus tetap bertahan dan memenuhi kebutuhan hidupnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar